Cara Menggunakan Twitter Untuk Bisnis - Banyak pemilik toko online /
e-commerce menggunakan media sosial seperti Twitter untuk berhubungan dengan
pelanggan, membangun hubungan personal, untuk penjualan dan
memabngun brand untuk mencapai suatu tujuan bisnis
toko online bisa belajar apa yang
pelanggan katakan tentang merek dan produk mereka, memberikan layanan pelanggan
dengan proaktif, dan menciptakan campaign promosi yang mendorong penjualan.
Keberhasilan penggunaan Twitter
mengharuskan kita untuk mengerti bagaimana memanfaatkan platform ini untuk
membuat respon yang diinginkan.
25 tips cara menggunakan Twitter untuk bisnis kecil
1. Pilih Nama yang Tepat
Username Anda (@ username) adalah
URL Twitter Anda. Jika akun Anda akan terkait dengan perusahaan Anda, coba
gunakan nama bisnis Anda atau variasinya. Twitter memungkinkan maksimum 15
karakter untuk username. Salah satu tips adalah menggunakan nama yang brandable
(sesuai dengan brand Anda) atau menggunakan nama yang mudah diingat (misalnya :
@infopropertiID1).
2. Buat Profil yang Relevan
dengan Merek
Profil Anda terdiri dari bio,
avatar, dan background. Ini semua harus mendeskripsikan merek Anda dalam
sekejap, pilih elemen-elemen visual yang paling mewakili.
Tulis jelas, bio – deskripsi
perusahaan Anda dalam 160 karakter atau kurang – yang menggambarkan merek Anda,
produk, dan jasa, termasuk link yang bisa di-track ke situs Web atau landing
page tertentu. Logo bisnis Anda dapat berfungsi sebagai avatar. Pilih warna dan
gambar yang konsisten dengan situs web Anda dan branding.
3. Menjadi Pendengar yang baik
Listen first and tweet
later adalah motto yang baik untuk menggunakan Twitter dalam konteks
e-commerce. Gunakan Twitter advanced search atau tools seperti HootSuite dan
Sprout social untuk mencari tweet yang mencakup nama perusahaan, produk atau
layanan yang ditawarkan, serta tweet tentang pesaing Anda dalam kategori bisnis
Anda. Kemudian, responlah dengan tepat. Ikuti dan amati mercant lain
dalam industri Anda untuk melihat apa yang mereka lakukan.
4. Gunakan Style Anda
Jangan terlalu formal dalam posting
Anda dan Tweet Anda haruslah mencerminkan kepribadian bisnis Anda.
Penggunaan humor adalah praktek umum, menyuntikkan anekdot lucu dari waktu ke
waktu juga bagus jika audiens Anda cocok.
Meskipun tone suara Anda tidak harus
berubah, tone yang Anda gunakan haruslah dapat beradaptasi dengan situasi
tertentu. Misalnya, jika seseorang mengeluh tentang layanan pelanggan Anda,
tone Anda harus lebih meyakinkan dan hormat. Jika seseorang memuji produk yang
Anda tawarkan balas dengan semangat dan rasa terima kasih.
5. Berinteraksi dan Menjawab
Anda harus membalas tweet tentang
bisnis Anda, apakah itu tentang hal positif atau negatif. Anda harus membalas
pesan positif tweet, berterima kasih kepada mereka yang memuji Anda dan tetap
menjaga manner jika ada yang men tweet hal negatif tentang perusahaan Anda.
6. Cari Influencer
Gunakan tools pengukuran seperti
Klout untuk mencari follower Anda yang sering terlibat, dan berikanlah
apresiasi untuknya.
7. Gunakan Twitter dengan strategi
Meskipun banyak interaksi Anda yang
mungkin terjadi dalam waktu dekat secara real-time – tanggapilah pertanyaan
pelanggan, misalnya, karena ini merupakan salah satu cara menggunakan Twitter
dengan strategi.
Buat kalender konten dan jadwal
beberapa tweet yang konsisten selama beberapa hari atau minggu. Sisihkan
hari-hari tertentu untuk tweet tertentu . Misalnya, Senin bisa untuk
promosi, Selasa untuk foto di belakang layar, Rabu how-to tips, Kamis bisa fokus
pada trending topics, dan Jumat untuk menyoroti orang-orang di perusahaan Anda.
8. Pikirkan Tentang Apa yang
Pelanggan Anda Ingin Lihat
Orang-orang menghargai informasi
yang memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan mereka. Mereka juga menanggapi
tweet yang menginspirasi dan menghibur, sehingga cakupkanlah kedua jenis konten
tersebut pada rencana Anda. Buatlah tweet Anda dengan tujuan untuk menjaga
kepentingan bisnis Anda dan kebutuhan follower Anda.
9. Berbagi Media Buzz
Jika bisnis Anda akan diulas di
media, share link itu di Twitter.
10. Buatlah Konten Unik
Share konten di Twitter yang
follower Anda tidak akan menemukannya tempat lain. Hal ini dapat mencakup
penawaran eksklusif, foto di belakang layar, profil karyawan, atau rilis
produk baru.
11. Gunakan Hashtags
Hashtag adalah cara untuk mengatur
Tweet Anda di sekitar kata kunci atau topik tertentu.
12. Bagikan Deals
Menurut Compete.com, 94 persen dari
orang yang yang memfollow brand di twitter memiliki alasan utama untuk
mengetahui diskon dan promo. Berikan follower Anda diskon dan penawaran yang
tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain.
13. Masukkan Berbagai Jenis Media
Twitter menyatakan bahwa posting
dengan link, gambar, dan video mendapatkan retweeted lebih dari akun twitter
yang hanya berisi teks, dan tweets dengan foto mendapatkan dua kali respon dari
mereka yang tidak mengandung foto.
Mengenai penggunaan video, Twitter
baru-baru ini mengakuisisi Vine, sebuah aplikasi iOS yang memungkinkan Anda
shoot video dengan durasi 6 detik. Beberapa retailer mulai bereksperimen dengan
itu, Anda mungkin bisa juga menggunakannya untuk bisnis Anda.
14. Tweet dengan frekuensi yang
sering
Tidak ada angka ajaib berapa banyak
tweet yang harus Anda tweet . Sekali per hari adalah jumlah yang baik ketika
Anda belajar untuk memulai, dan kemudian Anda dapat menguji frekuensi postingan
yang berbeda untuk melihat apa yang terbaik untuk bisnis Anda dalam hal respon.
15. Retweet dan berikan mention
Passing tweet orang lain ke follower
Anda adalah cara yang baik untuk membangun sosial capital dan meningkatkan
kredibilitas. Hal ini sering dapat membuat orang lain ingin retweet konten
Anda. Cobalah juga untuk me-mention orang lain dalam tweet Anda dengan
memasukkan username @ mereka. Tweet positif yang relevan, dan materi yang
bersifat pribadi dapat membangun goodwill.
16. Gunakan Direct Messages
Sebuah pesan langsung – DM – adalah
cara pengguna Twitter untuk dapat berkomunikasi secara pribadi dengan yang
lain. Anda mungkin ingin menggunakan Direct Message dalam kasus-kasus di mana
pertanyaan atau masalah follower Anda terlalu spesifik. Mintalah follower Anda
untuk mengirimkan pesan langsung dengan informasi kontak agar Anda dapat
merespon melalui email atau telepon. Perhatikan juga bahwa Anda dapat mengirim
dan menerima DM hanya dari follower Anda, dan sebaliknya.
17. Favorit Tweet Positif
Gunakan pilihan ”Favorite
tweet” untuk menyoroti tweet dari pengguna yang memuji merek atau produk Anda.
18. Mengintegrasikan Twitter ke
Situs Web Anda
Integrasikanlah akun Twitter Anda ke
situs web e-commerce atau blog.
19. Gunakan yang Tweet Pendek
Meskipun Twitter memiliki batasan
140 karakter, penelitian menunjukkan pada tahun 2012 bahwa tweet pendek kurang
dari 100 karakter mendapatkan tingkat engagement 17 persen lebih tinggi.
Kemudian cobalah untuk memberikan beberapa karakter – 20 karakter misalnya
- bagi orang lain yang ingin me-retweet posting Anda dan menambahkan
konten.
20. Ikuti Minat Anda
Followlah banyak akun untuk
menemukan konten yang relevan dan menginspirasi Anda untuk ide-ide tweets
berikutnya.
21. Fokus pada Passion orang banyak
Twitter menyediakan fitur untuk Anda
yang ingin berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki minat yang sama.
Daripada berfokus hanya pada produk dan jasa Anda, cobalah untuk membuat konten
yang pas untuk passion audience Anda.
22. Gunakan Iklan Twitter
Twitter memiliki dua pilihan iklan
yang cocok untuk anggaran usaha kecil : Promoted Accounts and Promoted
Tweets. Fitur ini bisa digunakan untuk menempatkan posting Anda di tempat yang
bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Di Indonesia fitur ini nampaknya belum
dilaunch secara massive, ikutilah perkembangan berita tentang launch fitur ini.
23. Ajukan Pertanyaan
Tanyakan kepada pelanggan Anda jika
mereka mengikuti Anda di Twitter dan apa yang mereka pikirkan tentang tweets
Anda. Cari tahu apakah ada sesuatu yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk
meningkatkan pengalaman mereka atau membuat value yang lebih.
24. Tentukan Metrik
Sangat penting untuk mengukur
keterlibatan Twitter Anda dalam hal efektifitas pada tujuan bisnis Anda.
Berikut adalah beberapa metrik untuk dipertimbangkan:
·
Pertumbuhan
Follower. Berapa banyak Follower baru Anda setiap hari, minggu atau bulan;
·
Keterlibatan
Follower. Berapa banyak Follower berinteraksi dengan tweet Anda;
·
Jangkauan.
Berapa banyak pengguna yang favorit atau me retweet posting Anda;
·
Traffic.
Berapa banyak orang mengunjungi situs Anda dari Twitter;
·
Konversi.
Berapa banyak pengguna mendaftar untuk layanan Anda atau membeli produk Anda.
25. Siap-siap untuk hal-hal yang
terjadi secara Real-time
Twitter selalu ON 24 jam 7 hari
seminggu sehingga memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam setiap
percakapan yang terjadi. Sosial media memiliki banyak kejutan, banyak peluang
penjualan mungkin bisa timbul. Cobalah untuk tetap bersiap ketika hal itu
datang.
Dengan menggunakan 25 tips diatas,
Anda bisa meningkatkan kualitas keterlibatan Twitter Anda dengan cara yang
mendukung tujuan pemasaran bisnis Anda dan tujuannya.
ADA ADA AJA :-)
0 Response to "Cara Menggunakan Twitter Untuk Bisnis"