Tips Agar Usaha Cepat Berkembang
Pikirkan produk apa yang kira-kira dapat dijual tanpa
banyak persaingan serta belum ada produk lain dengan merek yang kuat yang
terhubung kepada produk tersebut. Pelajari apa yang bisa membuat produk atau
layanan kita berbeda dengan yang lain. Setidaknya produk kita dikemas berbeda
dan pada akhirnya dipersepsi berbeda oleh pelanggan.
Apa yang membuat Apple bisa sukses dengan iPod dan
iPhone-nya? Mereka bisa membangun pasar baru yang belum dipikirkan orang lain,
mereka membuat inovasi baru, mereka mencari celah2 dimana konsumen belum puas
dengan produk yang ada. Mereka membangun kekuatan merek dan loyalitas
pelanggan, kebanggaan memakai produk mereka, gengsi dan gaya hidup. Mereka
tidak serta merta membuat produk untuk sekedar menyaingi produk lain.
Sebagai contoh, iPhone dikembangkan disaat ratusan juta
orang sudah memiliki handphone, mereka sepertinya sudah terlambat untuk memulai
bisnis ini, tapi ternyata iPhone dalam waktu kurang dari dua tahun sudah
merajai pasar smartphone, diposisi kedua setelah nokiapada saat itu untuk penjualan smartphone, mengalahkan RIM
Blackberry dan Microsoft Smartphone.
2. Pilih Fokus dan Bekerjalah Secara Fokus!
Jangan asal terima proyek, jangan kembangkan banyak
produk untuk satu merek yang sama atau mengembangkan banyak bisnis sekaligus
disaat Anda merintis usaha. Tujuan dari fokus adalah agar kita semakin ahli dan
menguasai bidang usaha yang kita geluti yang pada akhirnya akan terbangun merek
yang kuat yang terkait erat dengan satu jenis produk saja dibenak pelanggan
(Donat = Dunkin Donut, Burger = McD, Teh Botol = Sosro, Pizza = Pizza Hut,
dsb.).
Dana yang terbatas jangan dipecah2 untuk berbagai jenis
produk atau banyak usaha. Tanamkan semua sumberdaya untuk menguatkan kekuatan
bisnis/produk kita. (Ini mungkin bertentangan dengan pendapat jangan letakkan
semua telur dalam satu keranjang), tapi bagi banyak orang justru telah terbukti, semakin kita fokus dan
semakin banyak sumber daya yang kita tanamkan untuk satu jenis produk/jasa,
maka hasilnya akan lebih baik.
Lama kelamaan pasar akan punya persepsi yang kuat untuk
merek produk kita, karena kita fokus dan mempunyai positioning yang kuat.
Sebagai
contoh:
DHL dikenal untuk pengiriman seluruh dunia
FedEX dikenal untuk pengiriman semalam sampai.
FedEX dikenal untuk pengiriman semalam sampai.
Maka mereka yang ingin barangnya terkirim dalam waktu
semalam akan mempercayakan pengiriman barangnya kepada FedEX karena FedEx
benar-benar berupaya untuk terwujudnya janji semalam sampai, sedangkan mereka
yang ingin mengirim barang ke ujung dunia, mereka akan mempercayakannya kepada
DHL, karena FedEx tidak mempunyai infrastruktur hingga kepelosok-pelosok negeri
yang jauh.
3. Carilah Teman atau Berpartnerlah!
Jangan takut untuk mencari partner atau menggaji
karyawan. Jangan berusaha mengerjakan semuanya sendiri. Masing-masing kita
mempunyai kelebihan dan kekurangan, carilah teman atau karyawan yang dapat
menutupi kelemahan dan kekurangan kita. Agar terbentuk tim yang kuat dalam
segala bidang.
Jangan takut tidak dapat menggaji karyawan, rezeki mereka
telah diatur oleh Allah Subhaanahu Wata’aala, kita hanya sarana saja. Justru
dengan melibatkan orang lain InsyaAllah rezeki kita akan lebih baik dan lebih
barokah daripada bekerja sendirian.
Salam...
ADA ADA
AJA J
0 Response to "Tips Agar Usaha Cepat Berkembang"