Post Terbaru

Apa itu Black Box?




Belakangan ini dengan adanya insiden air asia, kita pasti sering sekali mendengar istilah Blackbox yang diberitakan mampu mengungkapkan dengan cukup gamblang penyebab kecelakaan yang terjadi di pesawat terbang, dahulu pun pada saat terjadi kecelakaan Adam Air, seorang pakar telematika mengungkapkan kepada publik isi dari BlackBox Adam Air yang berisikan suara ataupun rekaman dari seluruh kegiatan yang ada di pesawat.

Lalu apakah BlackBox tersebut? Dan apakah benar kotak tersebut berwarna hitam?? Sebenarnya BlackBox hanyalah sebuah istilah karena warna sebenarnya dari kotak ini adalah merah ataupun oranye, pewarnaan dengan warna yang mencolok ini dikarenakan agar pada saat terjadi kecelekaan pesawat terbang, Black Box mudah untuk ditemukan.

Sebenarnya apa kegunaan dari Black Box? Dalam sebuah pesawat terbang ada 2 Black Box yang dibawa dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, Black Box yang pertama disebut CVR atau cockpit voice recorder yang berfungsi untuk merekam semua pembicaraan yang dilakukan didalam cockpit baik oleh pilot dengan co-pilot maupun dengan ATC bandara. Kotak ini biasanya dapat mengungkapkan penyebab kecelakaan yang terjadi pada pesawat terbang karena jika pesawat sedang dalam kondisi bermasalah, maka pilot dan co-pilot pasti akan selalu berkomunikasi baik antara mereka berdua maupun dengan ATC.

Black Box yang kedua disebut FDR ataupun Flight Data Recorder, FDR ini mencatat berbagai parameter yang terkait dengan operasi dan karakteristik pesawat seperti data dari sejumlah sensor untuk memantau informasi seperti percepatan, kecepatan, ketinggian, posisi kontrol kokpit, termometer, pengukur mesin, aliran bahan bakar, permukaan atur posisi, status autopilot, beralih posisi, dan berbagai parameter lainnya.

Kebanyakan parameter direkam beberapa kali per detik tetapi beberapa FDR dapat merekam semburan data pada frekuensi yang lebih tinggi saat masukan berubah dengan cepat. Black Box ini sendiri terletak dibagian buntut pesawat dengan perkiraan bila terjadi sebuah kecelakaan maka bagian inilah yang relatif utuh dan tak hancur atau relatif lebih aman dari bagian yang lainnya.

Dan yang banyak dipertanyakan adalah mengapa pada saat kecelakaan pesawat dan pesawat tersebut jatuh ke laut,kenapa Black Boxnya tetap dapat ditemukan? Jawaban yang saya dapat dari beberapa sumber di internet adalah karena Black Box dilengkapi dengan underwater locator beacon yang terus memancarkan perekam ultrasonik dan sinyal yang kemudian berguna pada saat pencarian Black Box tersebut di kedalaman laut.

Kemudian apakah benar Black Box dapat dibuka oleh seorang pakar telematika seperti pada kasus Adam Air dahulu? tidak semua orang bisa membuka Black Box, hanya terbatas pada pabrikan pembuat pesawatnya dan juga FAA dalam rangka menindak lanjuti kecelakaan yang terjadi.

Salam...


ADA ADA AJA J

0 Response to "Apa itu Black Box?"