Post Terbaru

Peranan Virus dalam Kehidupan



Peranan Virus dalam Kehidupan Sehari-Hari



Virus yang menguntungkan

      Pembuatan Antitoksin
Para ahli memanfaatkan virus dengan menggabungka sifat-sifat DNA yang menguntungkan antara virus dan gen lain sehingga sifat yang menguntungkan tersebut akan dimiliki oleh bakteri yang diinfeksi. Contohnya, DNA virus digabungkan dengan DNA manusia yang memiliki sifat antitoksin (pelawan racun). Selanjutnya, virus tersebut diinfeksikan dengan sel bakteri sehingga sel bakteri ini memiliki sifat gen manusia yaitu memiliki sifat antitoksin. Jika bakteri tersebut membelah terus-menerus, berarti setiap sel bakteri memiliki sifat antitoksin dan selanjutnya dapat diberikan pada manusia. Contohnya, toksoid tetanus. Toksin ini disuntikkan pada manusia untuk mencegah penyakit tetanus. Toksin ini biasanya diberikan kepada ibu hamil dan calon pengantin. Adapun bagi penderita tetanus akan diberikan ATS (Anti tetanus Serum).

     Untuk melemahkan bakteri
Jika virus yang menginfeksi bakteri bersifa pathogen maka DNA virus yang masuk akan merusak DNA bakteri sehingga bakteri tersebut menjadi tidak berbahaya karena sifat patogennya telah rusak. Contohnya, bakteri difteri yang berbahaya akan berubah sifatnya jika di dalamnya tersambung oleh virus profage.

     Untuk memproduksi vaksin
Vaksin ini sebenarnya merupakan bibit penyakit yang telah dilemahkan dan jika menyerang manusia tidak akan berbahaya lagi. Untuk itulah diperlukan vaksin bagi tubuh kita. Jika ada penyakit yang menyerang manusia maka tubuh telah memiliki kekebalan yang berasal dari antibodi bagi penyakit tersebut. Contohnya, vaksin cacar, polio dan campak.


          Virus yang merugikan

     Sebagian besar virus bersifat merugikan yaitu dapat menimbulkan berbagai penyakit pada hewan, tumbuhan maupun manusia. Salah satu virus yang dianggap paling bahaya adalah filovirus. Grup ini terdiri atas Masburg ditemukan di jerman tahun 1967 dan ebola. Filovirus adalah virus berbentuk panjang seperti cacing, dalam jumlah yang besar tamapak seperti sepiring mie. Pada april 2005, virus Masburg penyebarannya sampai Angola. Sejak ktober 2004 hingga 2005, kejadian ini menjadi epidermis terburuk di dalam kehidupan manusia. 

Virus penyebab penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus:

Virus ARN
Virus ADN
Nama
Penyakit
Nama
Penyakit
Virus orthomyxo
Influenza
Virus mozaik
Bercak-bercak pada daun tembakau
Virus rhabdo
Rabies
Virus herpes
Herpes
Virus hepatitis
Hepatitis
Virus pox
Cacar
Virus paramyxo
Pes pada hewan ternak
Virus papova
Kutil pada manusia
Virus retrovirus
AIDS


Virus picorna
Polio


Virus toga
Demam kuning dan ensefalitis


Virus arena
Meningitis




 Salam..

ADA ADA AJA :-)

2 Responses to "Peranan Virus dalam Kehidupan"

  1. Menarik sekali gan. Tidak hanya menambah ilmu pengetahuan seputar peran virus dalam kehidupan tapi juga memperluas pandangan kita terhadap makhluk-makhluk lain

    ReplyDelete