Post Terbaru

Pameran Seni Rupa



       Pameran Seni Rupa - Pameran Seni Rupa Nusantara merupakan program kegiatan dua tahunan (Biennale) yang digagas dan dilaksanakan oleh Galeri Nasional Indonesia, Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Sejak penyelenggaraannya yang pertama tahun 2001, kegiatan ini ditujukan untuk lebih memperkenalkan perkembangan seni rupa modern diberbagai wilayah Indonesia.

     Dalam perjalananya, tradisi pameran ini mencoba menggali berbagai kemungkinan bentuk pendekatan kuratorial guna mendapat materi pameran yang semakin baik. Dalam format kurasi tahun ini peserta ditentukan melalui seleksi dan undangan khusus kepada beberapa perupa di seluruh wilayah Indonesia. Terkumpul sekitar 600 peminat yang kemudian terpilih sebanyak 99 perupa dari 21 provinsi. Dari keseluruhan karya yang terpilih, diperoleh berbagai ragam media ekspresi seni: lukisan, patung, gambar, grafis, karya instalasi dan karya video. Kurator Pameran : Kuss Indarto dan Rizki A. Zaelani

     Tradisi Pameran Seni Rupa Nusantara dipersiapkan demi upaya menggali dan mengembangkan khazanah seni rupa Indonesia diseluruh wilayah Indonesia, dengan menampilkan prestasi para perupa dan karya-karya mereka. Tidak hanya para perupa yang telah cukup mendapatkan perhatian para pengamat seni, pameran ini juga hendak menggali dan mencari bakat-bakat muda terbaik yang bisa memberikan kontribusi menyakinkan pada perkembangan seni rupa Indonesia di masa mendatang.

     Tema pameran tahun ini: Menilik Akar dialamatkan pada berbagai respon kreatif dan inovatif para peserta terhadap akar tradisi dan kearifan dalam menyikapi era kemajuan zaman dan globalisasi dunia yang kini mengepung situasi sosial dan budaya kita bersama. Pameran Nusantara ini juga berupaya menjadi ruang bersama untuk menilik dan membicarakan lebih lanjut ihwal akar imajinasi dan identitas ke-Indonesiaan saat ini dan orientasinya ke depan melalui bahasa visual para perupa.

     Galeri Nasional Indonesia sebagai lembaga museum dan pusat aktivitas penyajian karya seni rupa terus merangsang iklim dialoq positif serta produktif diantara berbagai perkembangan seni rupa antar daerah di seluruh wilayah Indonesia. Dialoq dan interaksi yang kian baik antara Galeri Nasional Indonesia dengan para perupa, kurator, galeri seni dan lembaga terkait (stakeholders), pada gilirannya akan menggairahkan semangat berkarya dan menumbuhkan apresiasi seni rupa di masyarakat luas, sehingga perkembangan seni rupa Indonesia semakin meluas di seantero nusantara maupun mancanegara.


 Salam...

ADA ADA AJA :-)

0 Response to "Pameran Seni Rupa"