Post Terbaru

Kuliah? Buat Apa?


Semangat belajar atau istilah kerennya motivasi berprestasi merupakkan hal yang penting dimiliki seorang siswa, karena dengan adanya motivasi berprestasi akan menciptakan hasil belajar yang optimal dan pendorong usaha untuk mencapai tujuan dan cita-cita belajar yang lebih baik.
McClleland (1987) menyatakan bahwa motivasi berprestasi (need for achievement) adalah motivasi yang mengarahkan tingkah laku seseorang dengan fokus pada tercapainya suatu prestasi tertentu dan penekannya pada bagaimana mencapai tujuan tersebut. Dari definisi ini kita menemukan bahwa faktor kunci untuk memahami motivasi berprestasi adalah memiliki tujuan yang jelas dalam belajar.
Mari kita pikirkan bersama apa yang menjadi tujuanmu berkuliah? Saya membagi tujuan kuliah menjadi beberapa level mulai dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi.
Level 1, tujuan kuliah hanya ikut-ikutan trend dan sebagai proses alamiah. Karena ada kesempatan, sama seperti kebanyakan orang, kuliah hanya sebagai lanjutan proses belajar dari TK-SD-SMP-SMA saja. Kalau kamu ada di level ini, kamu akan mudah sekali kehilangan motivasi karena tidak memiliki tujuan dan arah untuk kuliah. Kamu hanya berkuliah sekedar menikmati proses kehidupan yang mengalir saja seperti air. Semboyannya adalah "qua sera-sera, whatever will be-will be deh!"
Level 2, kuliah karena faktor eksternal, disuruh orang tua, disponsori keluarga, dapet beasiswa dll. Siswa yang di level ini mengikuti kuliah karena tuntutan dari luar yang mewajibkan dan mengharuskan. Tujuan kamu dipengaruhi tuntutan dari luar yang kadangkala akan membuat kamu merasa down manakala tujuan tidak tercapai karena adanya sanksi atau hukuman dari luar. Semboyannya adalah, "Gue harus lulus supaya Bapak/ emak/ om/ tante senang!"
Level 3, kuliah karena keinginan mendapatkan sesuatu, entah gelar, kepandaian, atau kekayaan. Di level ini, kuliah dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan sesuatu. Pada saat sesuatu yang kita inginkan sudah kita dapatkan, maka kuliah akan dilupakan. Ini terjadi pada mahasiswa yang sibuk berkuliah sambil bekerja untuk menghasilkan uang. Kalau uang yang didapatkan sudah banyak dan menjadi kegiatan yang mengasyikkan, kuliah bisasanya akan dikesampingkan. Tidak heran ada banyak mahasiswa yang berhenti kuliah karena sudah pintar mencari uang. Semboyannya adalah, "Ada uang, kuliah ditendang!"
Level 4, kuliah karena kamu benar benar senang kuliah. Di level ini kamu berkuliah karena memang senang belajar dan bertujuan mendapatkan pembelajaran sebanyak mungkin. Namun jika pengalaman berkuliah tidak menyenangkan, dosennya kurang baik dan lingkungan pergaulan kurang nyaman, motivasi kamu akan menurun karenanya. Semboyannya adalah, "Kuliah boleh santai atau serius asal fun."
Level 5, kuliah karena ingin memberikan sesuatu. Kamu kuliah karena kamu ingin memberikan kontribusi tertentu dalam hidupmu, kamu ingin membagi dan memberikan sesuatu. Di level ini, motivasimu akan berlipat ganda karena tidak peduli apapun yang terjadi selama masa perkuliahan, kamu ingin memberi makna dan berbagi kepada sesama mahasiswa, dosen dan orang orang disekitarmu Semboyannya adalah, "Kuliah untuk menjadi berkat!"
Nah, di level mana kamu sekarang? Kalau masih di level 1, mari tingkatkan terus sampai ke level kedua, ketiga dan selanjutnya. Tujuan yang jelas akan menuntun kamu untuk memiliki kehidupan dan karier yang berhasil. Selamat mencoba!
Salam...


ADA ADA AJA J

0 Response to "Kuliah? Buat Apa?"